Membuat Robot Itu Mudah

Membuat robot itu mudah. Bahkan, untuk mempelajarinya bisa dimulai dari tingkat taman kanak-kanak(TK). gyahaha.. =)) cenderung berlebihan, tapi memang begitu kenyataan saat ini. :D Satu yang perlu dijadikan pegangan, sederhakan konsep pembuatan robot. Buang pikiran yang menganggap robot itu rumit.

Membuat robot akan menjadi mudah jika badan robot dianalogikan dengan manusia. Untuk melaksanakan aktivitasnya, manusia dilengkapi dengan pancaindra, itak, dan badan. Hal itu tidak jauh berbeda dengan robot yang terbagi menjadi tiga bagian, yaitu sensor, microprocessor atau mikrokontroler, dan aktuator. Fungsi ketiganya sama dengan tubuh manusia. Sensor adalah pancaindera robot, mikrokontroler adalah otak robot, dan aktuator adalah badan robot. Di bawah ini adalah salah satu jenis sensor, yaitu sensor panas UVTRON.

Melalui sensor, robot dapat mengenali informasi. Sensor tersebut dapat dirancang untuk mengenali suara, cahaya, sentuhan, atau lainnya. Informasi dari sensor kemudian diolah oleh mikrokontroler. Setelah mikrokontroler mengirim perintah bagi robot untuk merespons seperti bergerak, mengeluarkan cahaya, atau hal lainnya. Aksi robot itu akan diaplikasikan melalui aktuator. Di bawah ini merupakan salah satu jenis aktuator, yaitu motor DC.

Lebih jauh lagi, misalnya manusia haus kemudian melihat air dan gelas melalui matanya. Selanjutnya otak mengolah informasi itu dan menggerakkan badan manusia untuk mengambil gelas, mengucurkan air ke dalamnya, lalu minum. Penyederhanaan konsep tersebut merupakan langkah awal yang baik menuju mahir membuat robot. Sementara itu dalam pembuatannya, hal pertama yang perlu dipelajari adalah pembuatan mekanik robot. Dalam jangka panjang, penguasaan mekanik tersebut berguna untuk membuat aktuator.

Pengenalan awal untuk mekanik bisa dimulai dari hal sederhana, misalnya untuk anak TK. Mereka dapat mempelajari mekanik melalui pembentukan lilin menjadi berbagai bentuk. Saat membuatnya, anak-anak dapat memasang lampu flip-flop sebagai hiasan. Untuk membuat lampu menyala tersebut tinggal dihubungkan dengan baterai. Tentu saja, sebaiknya kabel dibenamkan ke dalam lilin agar terlihat apik.

Pembentukan mekanik bahan lilin dapat berlanjut pada bahan materi padat seperti logam. Untuk anak-anak, pada langkah ini mereka mempelajari penggunaan baut. Dengan demikian, lempengan logam itu dapat disusun membentuk kerangka apa saja seperti helikopter, binatang, mobil, atau lainnya. Pada tahap ini mekaniknya memang tidak bergerak karena belum dipasang sensor, tapi pada tahap inilah kreativitas mereka di asah terkait dengan perancangan bentuk.

Jika sudah jago merancang mekanik, penulis menyarankan penggunaan sensor. Dengan sensor, robot dapat memberikan respon meskipun sederhana. Contohnya, berputar sambil mengeluarkan cahaya. Robot jenis ini layaknya sebuah mainan.

Selanjutnya, jika ingin meralih membuat robot yang lebih pintar, mikrokontroler harus digunakan. Robot yang kompleks akan selalu dilengkapi dengan mikrokontroler. Namun, mikrokontroler harus di-downolad terlebih dahulu melalui program yang sudah dirancang di komputer, sehingga untuk melankah ke tahap ini diperlukan keahlian bahasa pemrograman.

Untuk para pemula pembuat robot, jangan dulu kuatir. :D Saat ini, sudah tersedia software yang memudahkan pembuatan program. Dengan software tersebut, program tidak dibuat dengan car amengetik bahasa pemrograman, tetapi dengan memilih gambar yang tersedia. Software ini dapat diajarkan pada anak tingkat sekolah dasa (SD). Jadi, mereka tidak perlu langsung mempelajari bahasa pemrograman yang sulit. Gambar-gambar dalam software tersebut dapat mewakilinya. Misalnya ingin membuat robot itu bereaksi terhadap suhu, tinggal tekan gambar api atau yang menyimbolkan perintah itu.

Menurut penulis, pembelajaran robot itu sangat penting. Inilah saatnya era robot dimulai. Saat ini penciptaan robot tengah menggeliat dan berkembang. Di negara maju, robot sudah ramai dipelajari dan digandrungi bahkan oleh anak-anak.

About these ads

102 pemikiran pada “Membuat Robot Itu Mudah

  1. kak, aku masih duduk di kelas 3 smpn 2 bandung. aku mau nanya kalo mau membuat sensor tuh pa ja bhannya ? trus gmna cara bkin sensornya! bls ya kak!

  2. @dimas
    hmm..tetangga,saya dulu smp5.. :D
    wah bikin sensor yaa..?
    mungkin maksudnya bikin rangkaian sensor + implementasinya yaa..?
    mau sensor apa dulu nii, ada banyak.. :P

    saya kasi contoh yaa..misalnya sensor garis pake Infrared..
    untuk 1 sensor butuh 1 Led Infrarednya + 1 photodioda + resistor 220 ohm + resistor terserah biasanya 10 kOhm..
    nah,,ntar tinggal dirangkai search aja rangkaiannya di google..

    wah di smp sekarang dah ada ekskul robot ya?
    *kagum =P~

  3. Kak tolong kirimin skema yang lebih lengkapnya dung ke e-msil saya..
    trus kira – kira bisa ga di buat pelatihan pembuatan robot (workshop)
    gimna???

  4. kak gimana y cara merangkai robot. aku sekarang kls 3 smp. Bingung nih, krn aq baru mau belajar merangkai robot. kak tolong jelasin cara membuat robot, dr bhn yg sederhana aj, yg penting aq bisa ngerti. Aq jd kepengen ngeliat orang pandai ciptain robot sampai robotny diikutin lomba lg. Kak tolong ksh tau y…

    • Profesor, saya pernah baca artikel tentang bikin solar sel pakai bekas transistor MJ3055, tapi setelah saya coba, ternyata gak bisa keluar tegangannya. Profesor bisa bantu saya kan? Gimana caranya bikin solar sel dgn biaya murah. Saya tunggu penjelasannya. Terimakasih sebelumnya.

  5. saya ma’ruf kelas 1 Smkn 2 kbumen, jurusan Av , di maaf mas Giri, saya mau nanya,
    1. bagaimana cara membuat robot sederhana dg bahan yang ga’ mahal tapi berguna ?
    2. apa saya bisa belajar cara membuat robot sdrhana dari Anda?

  6. maaf mas saya mau nanya ? saya kan kelas 1 smk jursn audio video, saya bisa ga’ ya buat robot sederhana dg bahan yg murah dan mudah di dapat? faktor kesulitanya apa dlm membuatnya ? dan apa mas dapat mengajari saya?

  7. oh boleh minta skematik buat bikin robot gak om?? yang lengkap om ya ma sgala sensor2nya.om skalian dah skematik sensor cahaya & sensor suhu.

    thanx om ya ntar kl robotnya bisa saya knalin ma cewe cakep dah

    di tunggu ya?? smoga dapet pahala

  8. @candra
    ooh..
    baca warna hitam dan putih?
    itu ntar keluaran dari komparator..
    dari sensor-nya sendiri sudah otomatis..
    kalau baca hitam ntar output sensor biasanya mendekati Vcc..
    kalau baca putih ntar output sensor biasanya mendekati nol..
    baru diakalin di komparator-nya..
    di tulisan saya dah lengkap koQ..
    tapi kalau kurang jelas silahkan tanya lagi..
    hehe.. :D

    hmm..
    H-bridge yaa..?
    tulisan saya yang berikutnya deh..
    hehe..
    biasanya pake IC L298 (dual H-bridge) biar simple..
    coba candra buka http://www.voti.nl/dwarf/doc/DB021.pdf

    @hendro
    hoho..
    line follower sederhana silahkan baca tulisan saya..
    hehe.. :D
    modalnya brapa yaa..?
    yang simple line follower 100 ribu kurang yang saya pernah buat..(motornya pake motor tamiya)
    kalau line follower advance yang pake mikrokontroler bisa 1 jt-an lah..mahal di motor soalnya 300 ribu-an satunya.. T.T

  9. ka..bsa bntu sya ga??
    sya mw membuat robot line follower sederhana,tanpa mikrikontroler.skalian sya minta rangkaian lengkapnya.trimakasih ya ka????

  10. bang, slam knal ya!
    aku juga suka ama robot. tapi untk bwat yang sederhana aku masih lum bisa. kasih tau donk caranya ama bahannya! Biar aku ama temen2ku bisa praktek buat. ya itung2 nambah ilmu.

    trims…

  11. Kak saya plajar SMK nich, saya sangat berminat dengan blog anda.

    So, saya bleh minta tutor lengkap n design PCB na ke E-Mail saya????

    Thx. . . . .

  12. kak, saya mau tanya. Nama softwarenya itu apa ?
    bisa dicari di internet gak.?
    soale buat ngajar anak didikan saya.
    terima kasih.

  13. hai salam sejahterra buat kita semua o’ya maaf kak mau nanya gmananya cara ya membuat robot secara gampang dan sederhana.Karna saya baru tahap awal tapi saya ingin bisamembuat robot nya terus terang saya sangat mengagumi neggara jepang oleh karna itu saya ingin seperti mreka bisa membuat robot!!! Tolong ajari saya yaa kak… please!! o’ya kak nanti di kirim ke alamat email saya aja ya kak TERIMA KASIH…..ARIGHATO GOJOIMASYU

  14. kak saya student d smp1genteng.
    cara buat robot line tracer gmn?
    klo leh tau bhan2nya pa ja?
    trus kasih tau q bahan2 yang cheaper biar q mudah buatnya

    tolong kerjasamanya

  15. ingin belajar mekanik gimana cih cara menggabungkan mekanik satu dengan yang lainnnya ada masukannya nggk (kirim yaa ke email aku)weasywow@yahoo.com

  16. tolong donk kirimin cara pembuatan robot yang sederhana agar aku bisa belajar…………………….!!!!!!!! ke email aku :deni_mikro@yahoo.co.id……..thanks yupz

  17. maz,bgmana langkah2 cara buat rbot sdrhna dgn bhan yg murah dan mdah dicari/dibeli. tlong ajari saya ingin buat robot kirimya

  18. hamka mau tanya sedikit ne…..

    belanja perlenkapan robot dmn ya…??????

    tapi untuk daerah medan ya….

    tolong beri tahu dok…..

    hamka pingin x ne bikin robot sederhana aja.

  19. hamka mau tanya sedikit ne…..

    belanja perlenkapan robot dmn ya…??????

    tapi untuk daerah medan ya….

    tolong beri tahu donk……

    hamka pingin x ne bikin robot sederhana aja.

  20. siang kak,nama saya ages,saya mahasiswa dri Unifersitas Sains Dan Teknologi JAYAPURA-PAPUA,sy jga kepingin bikin robot cuman aq msaih buta banget mengenai robot..hehehe
    tpi aq pux keinginan kuat untuk buat suatu robot,disini aq mau naxkan di situs mana yg aq bisa dapatkan informasi tentang pembuatan robot,meskipun hannya robot sederhana,dan program apa yg hrus aq pake yea kak…??

  21. Aku mau bikin robot nie …
    Tapi aku engga tau gimana cara nya dan apa2 aja bahan nya

    Bisa gak ajarin aku buat bikin robot …
    Tolong aku dongg …
    Siie :D

  22. Mas komponen dan alat2 buat robot apa aja?klo bisa yg mudah n harga yg murah ya.trus video cara merakitnya ya mas.thanks

  23. Uehehehe… Kak, aku masih SD.. Aku mulai belajar tentang robot sedikit-sedikit. Tapi emang agak rumit kalo belum kebiasaan.. Aku lagi nyari apa itu artinya “sensor”

  24. terimakasih banyak ilmunya. tetapi apa saja bahasa pemrograman untuk membuat roboot ya ? terutama robot seni. apakah hanya bahasa C saja ? mohon bantuannya kakak :) termakasih

  25. kk maaf mau tanya ni
    saya kan mau coba buat robot
    dan mau saya robotnya itu gerakkannya mengikuti gerak tubuh saya
    yang tubuh saya sudah saya kasih alat!apa bisa kak?
    kalau bsa alatnya apa kak?
    tlong d blz ya trims

  26. Ping balik: Diskusi Robot

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s