JUARAAA..!!

Ahirnyaa,saya kembali di sini setelah sekian lama saya tidak menulis kisah di blog ini. Saya mempunyai alibi untuk tidak sempat menulis di blog, yaitu ujian selama 2 minggu, praktikum HINA selama 2 minggu, dan lomba. Yaah, saya mengikuti Lomba Perancangan Instrumentasi dan Kontrol (LPIK) yang diadakan oleh HMFT, Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik, yang telah berlangsung pada hari kamis dan jumat yang lalu (babak 10 besar). Berikut ini cuplikan informasi lomba tersebut yang saya ambil langsung dari website resminya, http://lpik-tfitb.com.

Lomba Perancangan Instrumentasi dan Kontrol merupakan suatu agenda tahunan dari Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik – Institut Teknologi Bandung yang akan diadakan pada tanggal

19-21 November 2008

di Kampus ITB.

Lomba Kali ini mengangkat Tema :
Perancangan Instrumentasi dan Kontrol Untuk Penghematan Energi(Instrumentation and Control Design for High Energy Saving) Tentunya dengan Berbagai pertimbangan. Kami,segenap Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik – Institut Teknologi Bandung (HMFT-ITB) dengan bangga mengajak dan mengundang kepada segenap Mahasiswa Indonesia untuk senantiasa berkontribusi dalam rangka Penghematan Energi.Semoga dengan Kegiatan ini,dapat memberikan suatu solusi nasional dari segi penghematan energi. Selamat Berkarya…

Sebelumnya, saya ceritakan dulu tim saya, tim Espresso, yang terdiri dari 3 orang, yaitu Giri Kuncoro, Ramadhani Wahono, dan Fredaus Ario Nurman. Di bawah ini log tim Espresso.😀

logo-espresso

Sebelum mengikuti LPIK ini, tim Espresso telah mengikuti 2 lomba, yang diraih dengan kegagalan semua. Lomba pertama, tim Espresso mengikuti Galelobot (Ganesha Line Follower Competition), dimana robot yang kami buat tidak berjalan sempurna karena keterbatasan waktu troubleshooting (alibi :P), dan Megatron (a Ganesha Electropreneurship Competition), dimana kami hanya meraih Juara Harapan 1 berbeda angka yang sangat tipis dengan Juara 1 (yang paling nyesek beda hadiah 0 dan 7 juta :(). Namun, akhirnya semua cita-cita kami tercapai di LPIK ini. Kami berhasil menjadi Juara 1 dan mendapatkan hadiah 10 Juta. Hehe..😀

21112008018

Pada LPIK ini, tim Espresso membawa judul “Aplikasi Electronic Load Controller Sederhana Berbasis Non-Mikrokontroler untuk Pengendali Generator Sinkron pada Pembangkit Listrik Tenaga Air Skala Mikro sebagai Strategi Optimasi Konversi Energi yang Ramah Lingkungan”. Judul ini sedikit terkait dengan proyek PALAPA HME ITB, yaitu proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga air skala mikro di desa Pa Mamo, pedagang mie di HME.😀

Yaah, terlalu panjang saya kira kalau judul LPIK tersebut dipaparkan lebih lanjut lagi di sini. Intinya, tinjau terlebih dahulu pembangkit listrik yang menghasilkan listrik terus menerus di suatu desa. Pada malam hari, desa tersebut menggunakan atau menyalakan lampu yang artinya beban konsumen di desa tersebut ada. Sebaliknya, desa tidak menggunakan lampu pada siang hari yang dapat kita anggap tidak ada beban konsumen. Nah, listrik terus dibangkitkan tapi tidak digunakan. Bukankah hal tersebut mubazir?!😦

Selain mubazir, tidak digunakannya listrik dapat  membuatan generator overspeed atau dengan kata lain, rusak. Hal ini yang mendasari alat tim Espresso bekerja, yaitu dengan mengatur atau mengontrol listrik yang dihasilkan. Contohnya, listrik dialirkan ke beban komplemen (dummy load) pada saat beban konsumen menurun, sehingga putaran generator akan terjaga dan overspeed tidak akan terjadi serta hal yang mubazir tidak terjadi lagi. Dummy load bisa berupa pengering padi, pemanas, dan yang lainnya. Terlalu banyak kata-kata tulisan saya ini.😦 Saya insert gambar poster tim Espresso terlebih dahulu.😀

poster-espresso-1-copy

Oke, sekian penjelasan dan pemaparan LPIK dari saya. Terima kasih banyak kepada Allah SWT atas bimbingannya, teman-teman yang telah mendukung kami,  Pak Mukmin atas petunjuknya, Qoshda atas pinjaman project boardnya (balikin ga yaa..? :P), Hamka atas pinjaman Laptopnya, panitia LPIK dan HMFT yang telah bersusah payah mengadakan lomba ini, dan pihak-pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Terima kasih banyak..! ^^

Stay hungry, stay fool. Tetaplah merasa lapar dan merasa bodoh agar kita haus terus akan ilmu karena ingat satu hal..! Kalau kalian melihat ke langit, kalian akan bertanya..kemana bintangnya?! Tidak ada..! Karena kalianlah bintangnya..! gyahaha.. =))

3 thoughts on “JUARAAA..!!

    • Ka Saya sangat tertarik dengan artikelyh. Saya sangat berminat untuk mempelajariyh.. Kalau tidak berat hati . Kaka bisa tidak untuk mengajariyh kepada Saya. Saya pernah mengikuti kegiatan robotic bahkan sampai mengikuti eventya di jakarta. Tapi Saya belom bisa membuat yang ini. Saya murid Smk Nusantara1 Tangerang. Ingin sekali membuat robot dengan tangan Saya sendiri

Leave a Reply

